Blog Informasi Terbaru

Jumat, 14 Februari 2014

Perbedaan Letusan Gunung Kelud Dan Sinabung

Perbedaan Letusan Gunung Kelud Dan Sinabung - Ahli Volcanology Surono yang biasa akrab disapa Mbah Rono mengatakan, ada perbedaan karakter dari letusan Gunung Sinabung , Kelud , dan Gunung Merapi .

Perbedaan Letusan Gunung Kelud Dan Sinabung

X Terbaru - Jika Gunung Sinabung , kata Mbah Rono , letusan didominasi berlebihan , kubah lava , kemudian jatuh diikuti dengan peluncuran awan panas . Jika Kelud letusan eksplosif atau bahan peledak yang digunakan , kecuali pada tahun 2007 .

" Kelud adalah eksplosif, meledak dalam waktu singkat hanya satu atau dua hari , tapi sangat besar . Bahan Kelud dikeluarkan sama dengan jumlah bahan Gunung Merapi pada tahun 2010 , yang 100 juta meter kubik , " kata Mbah Rono , Jumat ( 14/2 ) .

Berbeda dengan bahan Sinabung hanya sedikit ketika itu letusan aktif dari bulan September sampai Februari. "Tapi jumlah bahan dirilis belum mencapai 10 juta meter kubik itu , letusan Gunung Kelud dibandingkan benar-benar kecil , " kata Mbah Rono .

Pada tahun 2007 , Mbah Rono cahaya , Kelud membangun kubah lava timbunan batuan di tengah kawah , kubah meletus tadi malam jam 22:50 dengan ketinggian hingga 17 km tingginya. " Mudah-mudahan Kelud seperti sebelum ledakan besar tapi hanya sebentar , " jelasnya .

Jika letusan Gunung Merapi , Mbah Rono mengatakan , beda lagi . Letusan besar dan panjang . Jumlah bahan yang dikeluarkan oleh Merapi yang dikeluarkan oleh besarnya sama Kelud .

Mbah Rono adalah mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana . Saat Surono ditugaskan oleh Presiden untuk menjadi Kepala Geologi dan Sumber Daya Mineral due diligence untuk memonitor berbagai Gunung berapi di Indonesia .

Perbedaan Letusan Gunung Kelud Dan Sinabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sinta dewi

0 komentar:

Poskan Komentar